Blog pribadi berisikan informasi berbagai manfaat dan tips kesehatan

Penyebab dan Gejala Kencing Manis Diserta Bahayanya

Kalau-anda tidak menyadari kurang lebih kebiasaan ini merupakan penyebab kencing manis. Kadang kita memang tak sadar bahwa arketipe hidup sehat sering diabaikan. Perkembangan zaman membuat wong lebih suka dengan sesuatu yang praktis dan instan. Kesibukan juga merupakan salah satu faktor utama bag kelompok perkotaan yang tidak dapat melestarikan kebugaran tubuh akan menimbulkan bahaya obesitas. Kelebihan berat badan dapat berasal dari beberapa faktor diantaranya faktor keturunan  lahir maupun contoh hidup yang kurang baik. Perlu anda ketahui bahwa obesitas merupakan salah satu penyebab penyakit kencing manis pada kaum tipe kasus, terutama untuk kencing manis tipe 2.

Penyakit kencing manis atau yang biasa dengan Diabetes Melitus merupakan akibat dari gangguan metabolisme tubuh dimana pankreas bukan dapat memproduksi insulin beserta baik. Diabetes Melitus pula bisa terjadi karena strip keturunan, bahkan para terampil kesehatan mengatakan bahwa famili dari penderita diabetes mempunyai resiko yang cukup besar untuk mewarisinya. Oleh karena itu kira yang memiliki keluarga secara riwayat penyakit diabetes butuh menjaga pola hidup yang sehat.

Penyebab kencing manis macam 2 biasanya karena faktor pola hidup yang sedikit baik. Pada tipe 2 ini, pankreas masih mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang kecil dan itu bukan cukup untuk memecah glukosa menjadi energi. Diabetes jenis 2 ini merupakan macam yang paling umum berlangsung di masyarakat. Orang mantap lebih sering mengalami type 2 ini tetapi anak-anak juga dapat menderita penyakit ini jika dia obesitas.

Penyakit kencing manis atau yang biasa dengan Diabetes Melitus merupakan akibat dari gangguan metabolisme tubuh dimana pankreas bukan dapat memproduksi insulin beserta baik.

Type terakhir adalah gestational, dimana type penyakit kencing manis ini hanya terjadi di kaum wanita. Kehamilan ialah faktor utama dari diabetes gestational. Ketika hamil plasenta memproduksi hormon yang menyebabkan resistensi indulin.


Daripada ketiga tipe penyakit sakit gula tersebut, tentu saja memiliki tanda yang biasanya terjadi, anda dapat membaca lebih lanjut hal hal tersebut di artikel tentang gejala kencing manis. Kamu bisa menggunakan gejala ini untuk mengetahui langkah perlakuan awal agar penyakit ini tidak semakin parah.

Penyebab penyakit kencing manis

Berbagai macam faktor bisa saja menyebakan timbulnya penyakit kencing manis dan diantaranya yaitu adalah:
  1. Pola makan yang tidak teratur dan sering mengkonsumsi yang mengandung lemak berlebih
  2. Pola hidup tidak sehat
  3. Obesitas (kegemukan)
  4. Faktor genetis atau keturunan
  5. ketergantungan mengkonsumsi obat kimia
  6. Penyakit dan infeksi pada pankreas
  7. Terlalu berlebihan mengkonsumsi karbohidrat
  8. Rokok
  9. Stress
  10. Dll.

Gejala penyakit kencing manis

Pada diabetes tipe 2, kontrol gula darah dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Menurut berbagai penelitian, perubahan tersebut terbukti efektif menekan risiko diabetes. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyadari bila diabetes sudah ada dalam diri Anda. Sekitar 8.6% penduduk Indonesia menurut WHO mengidap diabetes, sayangnya banyak yang tidak menyadari sampai kasusnya menjadi kronis.
  1. Banyak kencing (polyuria) terutama pada malam hari
  2. Gampang Haus dan banyak minum (polydipsia)
  3. Mudah lapar dan banyak makan (polyphagia)
  4. Mudah lelah dan sering mengantuk
  5. Penglihatan kabur
  6. Sering pusing dan mual
  7. Koordinasi gerak anggota tubuh terganggu
  8. Berat badan menurun terus
  9. Sering kesemutan dan gatal-gatal pada tangan dan kaki

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Gejala Kencing Manis Diserta Bahayanya

0 komentar:

Posting Komentar