Blog pribadi berisikan informasi berbagai manfaat dan tips kesehatan

Penyebab dan Faktor Resiko Penyakit Kanker Payudara

Para pengamat telah mengidentifikasi hal-hal yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Tapi masih tidak jelas mengapa beberapa orang yang tidak memiliki faktor risiko juga menderita kanker payudara, namun orang lain secara faktor risiko malah tidak terkena. Kemungkinan kanker payudara disebabkan oleh interaksi yang kompleks antara genetik & lingkungan.

Penyebab kanker payudara

Belum diketahui secara jelas, apa penyebab kanker payudara. Yang jelas, kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai tumbuh secara abnormal. Sel-sel kanker ini membelah lebih cepat daripada sel-sel normal. Sel-sel ini bekumpul membentuk jaringan tumor yang dapat menyebar (metastasis) dari payudara menuju ke kelenjar getah bening atau ke organ tubuh lainnya.

Belum diketahui secara jelas, apa penyebab kanker payudara. Yang jelas, kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai tumbuh secara abnormal.

Kanker payudara paling sering dijumpai dan dimulai dari sel pada saluran penghasil air susu dan kemudian disebut sebagai jenis kanker payudara duktal karsinoma bersifat invasif. 

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara atau kanker lain, tes darah dapat membantu mengidentifikasi BRCA atau gen beda. Pertimbangkan meminta dokter Anda untuk memberikan rujukan ke seorang konselor ahli genetik, yang bisa meninjau riwayat kesehatan anggota keluarga Anda. Seorang konselor ahli genetik juga dapat mendiskusikan dengan anda tentang manfaat, akibat dan keterbatasan pengujian genetik. Sangat penting untuk diingat bahwa tes genetik sehat mengidentifikasi individu yang berisiko tinggi, tetapi dapat memprediksi secara pasti siapa yang akan atau tidak hendak mendapatkan kanker payudara.

Inilah Faktor Resiko Penyakit Kanker Payudara

Dengan adanya resiko besar berupa kematian, seluruh orang tentu tidak ingin mendapatkan penyakit ini. Siapa sajakah yang beresiko mendapatkan penyakit mengerikan ini?

Beberapa orang yang berpikir jika kanker payudara hanya akan menyerang mereka yang berusia lebih dari 50 tahun ke atas. Padahal, banyak juga wanita usia muda yang mengalami kanker payudara dalam usia dua puluh atau tiga puluhan. Memang, tersebut yang berusia lebih daripada 50 tahun memiliki resiko mendapatkan penyakit ini lebih besar, namun anda yang berusia muda juga kudu waspada dengan penyakit itu.

Selain karena gaya muncul, banyak wanita berusia muda yang terkena kanker payudara karena faktor adanya sejarah keluarga sebelumnya. Jika pengampu anda memiliki riwayat kanker payudara, maka anda juga memiliki resiko tinggi untuk mendapatkan penyakit berbahaya ini. 

Kaum hawa yang telah melewati masa menopause (usia lanjut) namun mengalami obesitas pada tubuh juga memiliki resiko yang lebih gede mendapatkan kanker payudara. Wanita yang telah melewati usia 50 tahun biasanya pula mengalami penurunan kepadatan payudara dan pada akhirnya pula beresiko mendapatkan penyakit kanker payudara.

Untuk mencegah datangnya kanker payudara, beberapa pakar kesehatan berkata jika kaum wanita, khususnya yang sudah memasuki fase menopause untuk berbuat olahraga setidaknya 30 menit sehari. Olahraga ringan layaknya berjalan bisa menjadi opsi olahraga harian dan jika dilakukan dengan rutin, resiko mendapatkan penyakit kanker gawat ini pun jauh berkurang. Selain itu, jangan membiarkan badan mengalami obesitas sehingga tubuh pun bisa jadi lebih baik untuk mencegah penyakit kanker payudara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab dan Faktor Resiko Penyakit Kanker Payudara

0 komentar:

Posting Komentar